Senin, 04 Juni 2012

Mengenal Sensor di Smartphone


Smartphone saat ini sudah bukan lagi menjadi barang mewah, hal ini dikarenakan invosasi yang terus menerus dari pihak vendor Handphone dan mobile OS sehngga harga Smartphone makin terjangkau bagi kalangan umum, sebut saja handphone Blackberry atau Android, harganya sudah dibawah 2 juta bahkan beberapa Handphone android merek cina dibandrol dibawah satu juta dengan fitur yang hampir sama dengan merek terkenal.

Kali ini saya akan membahas tentang teknologi sensor dibalik smartpone, suatu device disebut smart karena dia mempunyai kelebihan lain dibanding device sejenis, device smart biasanya terdapat sensor didalamnya bahkan makin hari makin banyak pula sensor yang dibenamkan. Sebut saja sensor di Android dan Iphone sendiri minimal ada 3 sensor, mari kita cek satu satu
1. Proximity sensor
Proxymity sensor adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu object tanpa kontak fisik. ini sih definisi wikipedia, manfaat dari proximity sensor salah satunya adalah mematikan layar secara otomatis saat kita menelpon, ini bertujuan untuk menghemat baterai,Iphone adalah Smarpone pertama yang memakai sensor.
2. Accelerometer
Accelerometer dipakai untuk mendeteksi posisi dari handphone apakah dalam mode landscape atau portrait, manfaat utama adalah menu dan aplikasi di Smartphone akan menyesuaikan posisi dari smarptone, manfaat lain biasanya dipakai untuk permainan game, misal game mobil dimana kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri. Manfaat lain dipakai untuk mengganti lagu atau mengambil screenshoot hanya dengan menggoyangkan smartpone .
3.  Compas
Seperti namanya, kompas dipakai untuk menunjukan arrah, ANdroid dan Iphone telah membenamkan sensor kompas kedalamnya sehingga anda tidak akan kehilangan arah, manfaat yang paling terasa dari compas digunakan untuk menentukan arah kiblat  dari posisi kita.
4. Magnetic field sensor
Sensor magnet untuk mendeteksi medan magnet di sekitar Smartpone, dengan keberadaan sensor ini, kita bisa mengubah smartpone menjadi metal detector atau menjadi pendeteksi hantu…yang terakhir ini saya ga tau cara kerjanya. jika ingin membaca penjelasannya silahkan baca http://spudpickles.com/grfaq.
5. Barometer
seperti namanya, sensor ini digunakan untuk mengukur suhu/temperature disekitar kita
6. Gyroscope
sensor ini umumnya dipakai untuk game, penjelasan tentang gyroscope bisa dibaca di wikipedia
7. Fingerprint sensor
Beberapa device android menambahkan sensor sidik jari kedalam smartphone, sehingga tidak setiap orang bisa memakai handphone tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar