Senin, 04 Juni 2012

Fitur Unggulan Ice Cream Sandwich


Beberapa hari yang lalu, Google merilis  Android versi baru dengan code “Ice Cream Sandwich” sekaligus Mengenalkan Handphone terbaru dengan Nama Galaxy Nexus. Handphone ini adalah handphone besutan samsung yang menggunakan Ice Cream sandwich.




Nomor versi untuk Ice Cream Sandwidch atau untuk selanjutnya kita sebut ICS adalah Android 4.0. Versi ini merupakan rilis besar android dimana ICS adalah hasil peleburan Android 3.0 Honeycomb yang sedianya hanya dirilis untuk tablet, serta android 2.3 Gingerbread. Logo Ice Cream sandwich bisa anda lihat disamping
Sebelum kita membahas tentang fitur baru ICS,  perlu di ketahui bahwa fitur yang akan saya paparkan ini ini adalah fitur unggulan dari sisi user, bukan dari sisi programming, Langsung saja
Android Beam
Android beam adalah invoasi terbaru dari Google yang dianam di Android. Android Beam adalah teknologi sharing data (contact,link,app,foto) dengan menggunakan teknologi NFC, mirip dengan blutooth, namun Android Beam jauh lebih mudah karena tidak perlu melakukan pairing atau membuka aplikasi tertentu untuk tukar menukar data.
Unlock Menggunakan Deteksi Wajah (Face Recegnotion)
Untuk pertama kalinya, teknologi deteksi wajah di benamkan dalam sebuah handphone, sebelum deteksi wajah sudah banyak teknik untuk melock Handphone, misal PIN,unlock key, Unlock pattern, atau gaya slide gesernya IPhone, bahkan beberapa Android versi 2.3 juga menggunakan scan sidik jari. Sekarang Anda bisa mengunlock Handphone dengan hanya tersenyum di front camera Phone, Jauh lebih aman bukan?
Wifi Direct &Bluetooth HDP
Wifi direct adalah teknologi jaringan wireless peer 2 peer, anda bisa mengkoneksikan 2 device wireless dengan android, atau sesama android, sebagai contoh penggunaannya anda bisa mentransfer File langsung ke PC/Laptop tanpa kabel atau bluetooth. Sedangkan Bluetooth HDP adalah digunakan untuk mengkoneksikan Android dengan peralatan wireless di rumah sakit atau alat kesehatan secara wireless.
Voice Input
Jika anda adalah pekerja kana toran, pasti salah satu tugasnya adalah mengetik berpuluh bahkan beratus ratus dokument, capai bukan? Android 4.0 mempunyai fitur dengan nama power voice input, teknologi untuk mengetik lewat suara, anda cukup membaca text yang ingin anda tulis dan android akan menuliskannya untuk anda. Cool hah?
Google+
Dengan membenamkan Google+ di android secara default, tentunya pemakai android 4.0 otomatis menjadi anggota Google+, dan Google+ juga menawarkan fitur baru yaitu Hangout langsung lewat Handphone, bagi yang belum tahu, hangout adalah fitur video conference dimana kita bisa ngobrol dengan beberapa teman sekaligus, nah sekarang Hangout di di Handphone android, kebayang ga? conference dimana saja dan kapan saja langsung lewat handphone, face 2 face dah ketinggalan, sekarang eranya face 2 face 2 face :) .
Rich Notification
Notifikasi di android di android 2.2 atau 2.3  cukup booring, namun diandroid 4.0, notifikasinya lebih kaya, menampilkan informasi yang lebih menarik dan lebih kaya, bukan hanya sekedar notifikasi text statis. Ya kalo fitur ini mirip mirip Iphone 4s lah…
Nah gitu saja, sebenarnya masih banyak fitur baru yang lain, namun fitur diatas adalah fitur unggulan yang paling mencolok. Kalo ingin lebih detail, lihat video Resmi dari Google Android 4 dibawah ini
Reference :
Google Galaxy nexus Homepage, http://www.google.com/nexus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar