Selasa, 05 Juni 2012

Lihat Transit Venus Besok atau Tunggu 2117


Bangunlah lebih pagi untuk menyaksikan pemandangan langka di langit.

Para penikmat angkasa pagi besok memiliki kesempatan  menyaksikan kejadian langka dalam sejarah yaitu perpindahan planet Venus yang melintasi di depan matahari. Kejadian ini tidak akan terlihat lagi untuk kurun waktu 105 tahun.

Para astronom menyebut pertemuan orbit "transit Venus," yaitu saat
Venus lewat di antara Bumi dan matahari, dan muncul sebagai noda hitam kecil dalam melintasi piringan matahari.

Transit Venus adalah beberapa pemandangan angkasa yang paling langka karena  jarang  terjadi. Transit terjadi sekali setiap 100 tahun atau lebih.

Perjalanan venus besok hari dipasangkan dengan perjalanan yang terjadi sebelumnya pada 8 Juni 2004.

Sebelum itu, pasangan terakhir dari transit Venus memukau astronom dan penjelajah pada 1881 dan 1889. Apabila Anda beruntung, transit Venus berikutnya bisa Anda saksikan lagi pada 2117 dan 2125.

Penjuru Dunia 

Untungnya, sebagian besar belahan dunia besok bisa menikmati transit Venus meskipun hanya melihat sebagian prosesnya saja. Tentu dengan dukungan cuaca juga.

Para pengamat di Amerika Utara, Eropa, Asia dan Afrika timur
semestinya mendapat suguhan pemandangan spektakuler dan bersejarah ini. Terlebih cuaca lokal diperkirakan cukup bersahabat.

Menurut Space.com, perjalanan Venus ini akan dimulai sekitar pukul 06.00 petang waktu Amerika atau pukul 05.00 pagi waktu Indonesia besok. Peristiwa ini berlangsung sekitar tujuh jam. Peristiwa langka ini akan terjadi pada Rabu, 6 Juni di Asia, Australia, Afrika dan Eropa.

Di Amerika Utara, waktu terbaik untuk melihat transit yakni beberapa
jam sebelum matahari terbenam hari ini waktu setempat. Masyarakat yang berada di wilayah pertengahan Pasifik, di mana matahari akan meninggi selama transit, akan dapat menyaksikan sebagian besar proses peristiwa ini.

Di Eropa, Afrika dan Australia, Venus akan melintasi wajah matahari
hingga naik di pagi hari pada 6 Juni 2012. Penikmat angkasa di Asia dan di seluruh Samudera Pasifik seharusnya dapat melihat transit kapan pun pada hari Rabu, mengingat cuaca memungkinkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar