Kamis, 16 Februari 2012

People Hub, Metode Komunikasi Berbasis Sosial

Dengan fitur ini, daftar kontak di smartphone Nokia Lumia menyediakan informasi dinamis.

Nokia akan menghadirkan smartphone terkini mereka, yakni seri Lumia 800 dan 710 pada per 17 Februari 2012. Kedua smartphone tersebut sudah dipasangi sistem operasi Microsoft Windows Phone 7.5 (Mango) yang salah satu andalannya adalah fitur sosial, People Hub.

Seperti diketahui, fitur penghubung antar pengguna dijadikan andalan oleh produsen-produsen smartphone di dunia saat ini untuk mendongkrak penjualan produk mereka.

Research In Motion dengan BlackBerry Messenger mereka yang populer, Apple dengan iMessage misalnya, atau Android yang dilengkapi instant messenger dan jejaring sosial besutan Google. Produsen ponsel lokal pun beramai-ramai menghadirkan apliaksi instant messenger untuk sesama penggunanya.

Untuk membedakan dengan kompetitor, pada kedua smartphone terbaru Nokia tersebut, Microsoft coba menghadirkan cara berkomunikasi yang berbeda.

“Dengan People Hub, Nokia dan Microsoft menghadirkan cara baru bagi orang untuk berkomunikasi dengan orang-orang lain yang ia kenal. Daftar ‘phonebook’ pada ponsel mereka akan dilengkapi dengan informasi-informasi terkini terkait kontak tersebut dari jejaring sosial mereka seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Windows Live,” kata Anvid Erdian, Product Manager Nokia Indonesia, 2 Februari 2012.

Jika pengguna ingin menghubungi salah satu kontak di phonebooknya itu, kata Anvid, ia akan diberikan pilihan apakah akan mengontak lewat layanan voice atau SMS, atau lewat Facebook chat, Windows Live Messenger, atau bahkan mention di Twitter, misalnya. ‘Phonebook’ ini juga akan selalu terupdate secara dinamis, sesuai dengan aktivitas kontak yang bersangkutan di jejaring sosial yang ia ikuti.

Selain itu, kata Anvid, jika smartphone kompetitor menyediakan berbagai icon aplikasi di layar, Nokia menggunakan pendekatan lain yakni menempatkan update terkini dari apapun yang penting bagi pengguna langsung ke homescreen mereka. “Termasuk update dari teman-teman mereka di Facebook, Twitter, LinkedIn dan Windows Live,” ucapnya.
Jejaring Sosial
Cara ini, kata Anvid, akan semakin memudahkan pengguna Lumia untuk selalu berhubungan dengan orang-orang lain yang penting bagi pengguna tersebut.

“Seperti diketahui, pengguna Indonesia sangat menggemari jejaring sosial,” kata Anvid. “Dengan people hub, orang tidak perlu login ke Twitter, Facebook, untuk mengetahui update status rekan-rekannya. Cukup buka daftar kontak mereka di ponsel,” ucapnya.

Dari sisi produknya sendiri, Nokia Lumia 800 dan Lumia 710 dipasarkan di harga Rp5,25 juta dan Rp2,9 juta. Jika pengguna melakukan pemesanan  mulai 6 sampai 16 Februari mendatang, di harga tersebut ia akan mendapatkan gratis Nokia Purity HD Stereo Headset seharga Rp1,608 juta atau Nokia Purity Stereo Headset seharga Rp729 ribu serta layanan data unlimited dari XL selama 12 bulan. Pemesanan bisa dilakukan lewat gerai ataupun situs Nokia Lumia.

Setelah diluncurkan secara resmi, produk tersebut dipasarkan di harga yang sama, namun tidak mendapatkan bonus tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar