Sabtu, 06 Oktober 2012

HTC 8X dan 8S Saingi Nokia Lumia 920?


 HTC Windows Phone 8XBerebut jadi 'anak emas' Microsoft. Tapi punya musuh bersama: Apple.










Produsen smartphone asal Taiwan, HTC kembali membuat pengumuman baru. Dengan memperkenalkan smartphone berbasis Windos 8, HTC Windows Phone 8X dan Windows Phone 8S. Kehadiran kedua perangkat berbasis Windows tersebut, membuat Nokia bukan lagi menjadi anak emas Microsoft.

Kedua perangkat ini merupakan fokus baru HTC pada Windows 8, dan mendekatkan hubungan Microsoft dan HTC yang telah terjalin selama dari 15 tahun

Bahkan, pengaruh Microsoft pada perangkat baru begitu kuat, ini terlihat pada nama Microsoft untuk HTC. HTC menempatkan nama "Windows Phone" tepat pada kedua nama smartphone.

Pesan yang diberikan pada konsumen sangat jelas: "Jika Anda menginginkan smartphone Microsoft, ini tempatnya."

Dan HTC tak bertepuk sebelah tangan, Microsoft telah berkomitmen untuk mempromosikan dua perangkat baru HTC tersebut. Bahkan menyebut kedua smartphone HTC sebagai "signature of the Windows Phone 8".

Hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan tentang hubungan Microsoft dengan mitra Windows Phone lainnya, Nokia. Sampai titik ini, sistem operasi besutan Microsoft, Windows Phone identik dengan lini Smartphone Nokia Lumia. Belum lama ini, Nokia LUmia 920 bahkan telah diposisikan sebagai perangkat utama untuk platform terbaru Microsoft tersebut.

Dan yang yang lebih membuat Nokia terhenyak yaitu desain kedua perangkat smartphone HTC mirip dengan produknya. Skema warna dan desain perseginya, jelas jejak pengaruh desain lini Nokia Lumia. Dan itu atas persetujuan dan dukungan Microsoft.

Nokia sendiri telah menempatkan banyak hal dalam platform Windows Phone. Tidak seperti HTC, Nokia mempertaruhkan semua perangkatnya pada Windows Phone, dan telah mengembangkan sejumlah fitur perangkat lunak khusus.

Nokia Drive, Nokia Music, dan Nokia Camera Lense adalah semua tambahan perangkat lunak berharga sumbangsih Nokia dalam Windows Phone.

Sementara di sisi lain, HTC terutama berfokus pada fitur perangkat keras untuk membedakannya dengan smartphone Windows Phone 8 lainnya. HTC belum melakukan pengembangan perangkat lunak, seperti yang telah dilakukan oleh Nokia. 

Namun HTC diuntungkan dengan strategi ini, sebab HTC sudah memiliki lini perangkat berbasis Android mengantisipasi jika perangkat berbasis Windhose Phone gagal. Sementara Nokia tidak memiliki platform cadangan.

Meski kemunculan Perangkat HTC tersebut berpotensi menimbulkan perseturuan dengan Nokia, ini tak jadi masalah besar. Sebab, mereka punya musuh bersama, seteru abadi: Apple, menyusul kemudian Samsung.

Justru itu menjadi tantangan bagi HTC dan Nokia untuk meraup keuntungan dari Windows Phone.

Spesifikasi HTC 8X dan 8S
HTC 8X hadir dengan layar Corning Gorillan Glass 2 4,3 inci S-LCD2 yang mempunyai resolusi 720 x 1280 pixel, prosesor dual-core 1,5 GHz Krait dan chipset Snapdragon Qualcomm MSM8960, Adreno 225 GPU, RAM 1GB,
ruang penyimpanan 16GB dan mendukung komunikasi jarak dekat (NFC).

Sementara di bagian belakang terdapat kamera 8MP dan flash, serta kamera depan 2,1 MP dengan lensa f/2.0. Perangkat ini juga dilengkapi sensor BSI.

Sementara HTC 8S hadir layar 4 inchi WVGA, dengan prosesor dual core 1 GHz, chipset Qualcomm Snapdragon S4 dan Andreno 225, RAM 512 MB, kemera belakang 5MP dengan aperture f/2.8 dan dilengkapi dengan sensor BSI.

Kedua perangkat HTC ini sudah dilengkapi dengan Beast Audio untuk mendukung kualitas suara yang lebih baik.

Sumber: VIVANews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar