Selasa, 27 September 2011

MeeGo, Sistem Operasi Baru Hasil Penggabungan Moblin & Maemo

Merujuk pada keberhasilan yang diraih oleh pihak Google yang telah lebih dulu membesut Android sebagai sistem operasi Open Source ternyata membuat pihak lain tak mau ketinggalan. Terbukti dari kegigihan yang dijalani oleh pihak Intel dan Noki yang baru saja meluncurkan sistem operasi mobile hibrid terbaru yang juga open source bernama MeeGo.



Menariknya sistem operasi ini bukanlah sistem operasi yang benar-benar baru melainkan merupakan kolaborasi dari dua sistem operasi yaitu Moblin dan Maemo.

Kai Oistamo, wakil direktur dari Mobile Phones baru saja mengumumkan telah menggabungkan kinerja Nokia dan Intel untuk mengerjakan MeeGo bersama-sama dimana kedua kekuatan sistem operasi Moblin dan Maemo pun berembuk menjadi satu.

Sistem operasi MeeGo ini sendiri memang ditujukan untuk sistem operasi mobile, netbook, tablet serta TV yang mana ditujukan untuk menghentikan fragmentasi pasar yang selama ini dikuasai oleh pihak Apple dan Google. Sistem operasi ini menggunakan framework QT sehingga nantinya aplikasi MeeGo dapat digunakan untuk handset Symbian dan Maemo juga.

“MeeGo adalah sistem operasi open source, proyek Linux yang juga bereksperimen dengan proyek Moblin yang dipimpin oleh Intel, serta Maemo yang dikembangkan oleh Nokia. Keduanya akhirnya disatukan menjadi satu sistem operasi open source. MeeGo mengintegrasikan pengalaman dan kemampuan dari dua ekosistem berbeda, yang mana menggabungkan antara teknologi komunikasi dan komputasi. Proyek MeeGo membentuk dasar-dasar teknis untuk mengusung platform generasi berikutnya dan akan digunakan untuk perangkat-perangkat mobile.” seperti yang diutarakan di situs resmi MeeGo.

MeeGo memadukan kelebihan yang dimiliki oleh Maemo dan Mobile untuk platform yang nantinya bisa menggeber arsitektur perangkat dengan multi processor. MeeGo akan di-host oleh Linux Foundation dan diatur dengan menggunakan praktik-praktik model terbaik dalam pengembangan sistem operasi open source. Kabarnya perangkat berbasis MeeGo pertama kalinya akan segera diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar