Kamis, 21 Oktober 2010

Peristiwa Di Bulan Oktober 2010

1 Oktober

* Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang berpotensi menimbulkan tsunami terjadi di Papua Barat, Indonesia.

2 Oktober

* Sedikitnya 42 orang tewas akibat tabrakan kereta api di perlintasan kereta api Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.
* Satu orang tewas dan empat orang terluka dalam kecelakaan kereta api di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Indonesia.
* Dario Franchitti berhasil mempertahankan gelar juara dunia balap mobil Indy Racing League walaupun hanya finish kedelapan di seri terakhir IndyCar yang berlangsung di sirkuit Homestead-Miami Speedway.

3 Oktober

* Sebastien Loeb kembali tampil sebagai juara dunia World Rally Championship musim 2010 yang sekaligus menjadi gelar dunia ketujuhnya secara beruntun sejak tahun 2004.
* Commonwealth Games 2010 yang diadakan di New Delhi, India, secara resmi dibuka oleh Pangeran Charles.

4 Oktober

* Robert G. Edwards memenangkan Penghargaan Nobel tahun 2010 dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran untuk prestasinya dalam fertilisasi in vitro.
* Banjir melanda daerah Wasior, Papua Barat, Indonesia menewaskan sedikitnya 100 orang tewas.

5 Oktober

* Andre Geim dan Konstantin Novoselov memenangkan Penghargaan Nobel tahun 2010 dalam bidang Fisika untuk penelitian mereka tentang grafena.
* Ditemukan sebuah bahasa baru yang bernama bahasa Koro yang dituturkan oleh 800-1200 orang di Arunachal Pradesh, India.

6 Oktober

* Richard F. Heck, Ei-ichi Negishi dan Akira Suzuki memenangkan Penghargaan Nobel tahun 2010 dalam bidang Kimia untuk karya mereka dalam sintesis organik.

7 Oktober

* Mario Vargas Llosa memenangkan Penghargaan Nobel tahun 2010 dalam bidang Sastra untuk kartografinya dalam struktur kekuasaan dan tajamnya gambaran perlawanan pemberontakan, dan kekalahan seorang individu.

8 Oktober

* Liu Xiaobo memenangkan Penghargaan Nobel tahun 2010 dalam bidang Perdamaian untuk perjuangannya yang panjang dan tanpa kekerasan untuk Hak Asasi Manusia di Republik Rakyat Cina.

9 Oktober

* Nadine Alexandra Dewi Ames asal DKI Jakarta terpilih sebagai Puteri Indonesia 2010.

10 Oktober

* Jorge Lorenzo pastikan diri sebagai juara dunia MotoGP musim 2010.
* Antillen Belanda secara resmi bubar dengan Curaçao dan Sint Maarten menjadi negara konstituen Kerajaan Belanda sementara Bonaire, Saba dan Sint Eustatius menjadi munisipalitas istimewa Belanda. (Reuters) (The Associated Press) (Radio Netherlands Worldwide) (BBC)

11 Oktober

* Peter A. Diamond, Dale T. Mortensen dan Christopher A. Pissarides memenangkan Penghargaan Nobel tahun 2010 dalam bidang Ekonomi untuk untuk analisis mereka pada pasar dengan pencarian friksi.

12 Oktober
13 Oktober

* Pengarang Inggris, Howard Jacobson, memenangkan Penghargaan Booker untuk Fiksi untuk novelnya The Finkler Question.
* Tiga puluh tiga petambang yang terjebak dalam Tambang San José di Copiapó, Chili, mulai diselamatkan.

14 Oktober

* Seluruh 33 penambang yang terjebak selama 69 hari di dalam Tambang San José di Copiapó, Chili, berhasil diselamatkan (gambar).
* Pesta Olahraga Persemakmuran yang diadakan di New Delhi, India, secara resmi ditutup dengan tim Australia memperoleh medali emas terbanyak.
* Matematikawan Benoît Mandelbrot, yang dikenal karena penemuannya tentang fraktal, meninggal dunia pada usia 85 tahun.

15 Oktober

* Setelah 14 tahun pembangunan, pengeboran terowongan transportasi terpanjang di dunia, Gotthard Base Railway Tunnel (gambar) yang melewati Aplen Swiss, selesai.

16 Oktober
17 Oktober

* Topan Megi, topan super pertama dalam musim topan Pasifik 2010, mulai berdampak di Filipina bagian utara.

* Enam santo baru termasuk Mary MacKillop, santo pertama dari Australia dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.

18 Oktober

* Topan Megi, topan super pertama dalam musim topan Pasifik 2010, mendarat di Filipina bagian utara.

19 Oktober

* Sedikitnya 6 orang, termasuk 3 militan, tewas dan 17 lainnya terluka dalam sebuah penyerangan di parlemen Chechen di Grozny, Rusia.
* Komisaris Jendral Timur Pradopo terpilih menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia setelah rapat paripurna DPR menyetujui pengunduran diri Kapolri Jendral Polisi Bambang Hendarso Danuri.

1 komentar: