Jumat, 28 Desember 2012

Wikipedia 'Buang' Google Maps


Google MapsWikipedia ikuti langkah yang dilakukan Foursquare dan Apple.









Setelah Foursquare dan kemudian Apple, kini giliran Wikipedia yang 'membuang' Google Maps. Sebagai pengganti, Wikipedia beralih ke OpenStreetMap.

Keputusan Wikipedia ini diumumkan dalam sebuah postingblog. Tapi keputusan ini menimbulkan pertanyaan, apakah keputusan itu disebabkan tarif API (Application Programming Interface) di Maps. Padahal sebelumnya aplikasi ini gratis. 

Pada bulan Maret lalu, Google memasang tarif antara US$4 sampai US$10 untuk tambahan 1.000 load, kepada situs apapun yang menggunakan Google Maps lebih dari 25.000load per hari. 

Dalam blog Wikipedia yang ditulis oleh Yuvi Panda, Wikipedia menjelaskan keputusannya untuk beralih ke komunitas yang membuat proyek pemetaan.

"Sebelumnya kami menggunakan aplikasi yang memakai Google Maps untuk melihat lingkungan sekitar. Tapi kini telah digantikan oleh OpenStreetMap --sebuah Map Data yang terbuka dan gratis, yang akan digunakan sebagai 'Wikipedia for Maps'," tulis Wikipedia.

"Ini erat kaitannya dengan tujuan kami untuk menyediakan pengetahuan yang tersedia secara gratis dan terbuka untuk semua orang. Ini juga berarti kami tidak lagi harus menggunakan Google API dalam kode kami," lanjutnya.

Pengumuman ini dipublikasi bersamaan dengan debut aplikasi Wikipedia di sistem operasi iOS, sekaligus update di versi Android. 

Pada akhir Februari lalu, Foursquare mengumumkan tak lagi gunakan API milik Google Maps, dan memilih OpenStreetMap. Setelah itu, giliran Apple beralih menggunakan data OpenStreetMap untuk iPhoto di iPad dan iPhone.

Google belum memberikan komentar mengenai kebijakan Wikipedia ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar